
Di zaman teknologi yg semakin canggih saat ini, keberadaan HP sudah menjadi keperluan banyak orang, baik di kota maupun di desa sampai di pegunungan sekalipun, baik pejabat ataupun rakyat. Hampir semua orang bepergian tidak lepas dari yg namaNya HP..
yg menjadi permasalahan, ketika seseorang sedang singgah di Masjid untuk Sholat ataupun i'tikaf, dan kebetulan setrum bateraiNya habis...
PERTANYAANNYA
°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°°
A. *Bagaimanakah hukum mengecas HP di masjid tersebut..?*
B. *Kalau di perlukan izin, kepada siapakah harus minta izin..?*
C. *Bagaimana SolusiNya bagi orang yg sudah terlanjur ngecas HP di masjid ..?*
JAWABAN
°°°°°°°°°°°°°°
A. *HARAM hukumNya mencerger (ngecas) HP di masjid dgn izin ataupun tanpa izin,, karena listrik masjid di Qiyaskan dgn Az-zait (minyak) yg di gunakan untk penerangan Masjid yg merupakan bagian (اجزاء) dari masjid dan tdk boleh di ambil sedikitpun.*
Referensi:
*اعانـة الطالبــين: ج/٣. ص/٢١٦*
ويحــرم اخــذ شيئ مـن زيــته وشمعــه اى للمسجــد اى المختـص بـه بأن يكــون مــوقــوفا عليــه او ممـلـوكالـه بهبـة او شــراءمـن ريع مـوقـوف على مصالحــه واذا اخــذ منـه ذلك وجب رده (كصحـاه وترابه) اى كما يحــرم اخذ حصى المسجــد وترابه.
*المجمـوع ج/٣. ص/٢٠٦*
لا يجـوز اخـذ شيئ مـن اجـزاء المسجــد كحجـر وحصاة وتـراب وغــيره وقـد سبــق فى هذه المسائل تحــريم التيمم بتراب المسجد ومثله الزيت والمشع الذي يسرج فيه. وفى سنن ابي داود عن ابي هريرة بعد الرواة اراه رفعـه الى النبي صلى اللـه عليـه وسلم قال: ان الحصاة لتناشد الذي يخــرجـها مـن المسجــد.
B. *Tdk perlu izin,, karena hukum nya Haram Mutlak, baik izin ataupun tidak.*
DalilNya sama dgn jawaban soal A.
C. *SolusiNya: ia harus mengembalikan Qiymah (biaya senilai listrik yg telah di ambil) kpd pihak masjid. jika masjidNya jauh dan sulit di jangkau, maka ia harus bertaubat, banyak istighfar dan sedekah.*
Referensi:
*نـهـايـــة الـــزين ص/٢٤١*
وعلى الغاصب رد وضمان تلــف بأقصى قيمـته مـن حــين غصب الى تلــف.
*الاشباه والنظائـر ج/٢ ص/٤٠٧*
قال فى التــدريب: كل مـن غصب شيـئا وجب رده الا بست صور: مسئلـة الخيـط واللـوح والخـلط حيث لا يتميز والخمر والعصير اذا تخمــر فى يــده.
*حـاشيـة الجمل : ج/٥. ص/٣٨٨*
ثـم رايت فى منـهاج العابـدين للغـزالى ان الذنـوب التي بين العباد اما فى المال ويجب رده عنـد المكنة فان عجــز لفقــر اسحله فان عجز عـن استحلاله لغيبته او مـوته وامكن التصدق عنـه فعلـه والا فليكثر مـن الحسنات ويـرجـع الى اللـه تعالى ويـتضـرع اليـه فى ان يـر ضيه عنـه يــوم القـيامــة.
Semoga manfaat.
الفقير: *عبـد المعيــد الاشعــري*
Tidak ada komentar:
Posting Komentar